30+ Inspirasi Cincin Pernikahan dari Berbagai Penjuru Dunia

Cincin ternyata memiliki ruang istimewa loh di dalam hati setiap insan. Perhiasan satu ini memang bentuknya kecil. Tapi, nilainya hampir tak terhingga. Biasanya, cincin ini dipilih sepasang kekasih yang bibit cintanya itu lagi mekar-mekarnya, sebagai perhiasan yang menandai keputusan mereka untuk hidup bersama salamanya. Maka tidak heran pula jika harganya perhiasan satu ini juga tinggi baik itu dari bahan hingga tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Biasanya tiap orang ingin mendapatkan cincin pernikahan hanya sekali seumur hidup. Karena itu banyak orang yang berlomba-lomba membuat cincin seindah mungkin. Inovasi manusia zaman modern ini makin canggih tiap harinya, begitu pula dalam membuat desain cincin pernikahan. Hal ini juga terbukti dari beredarnya cincin-cincin unik yang beredar di pasaran hingga bisa jadi kamu juga bingung untuk menentukan cincin mana yang cocok untuk pasanganmu.

Nah, sebelum kamu mau membeli cincin pernikahan nih ada referensi cincin dari berbagai negara bisa juga loh buat cincin pernikahanmu. Setiap negara memang memiliki ciri khas tersendiri dalam membedakan satu sama lain. Cincin ini juga bergaya campuran loh baik itu bentuk tradisional dan modern.

1. Mesir

myheartskipped.co.uk

Masyarakat mesir dipercaya sebagai orang yang pertama-tama yang mempraktikkan cincin pernikahan loh. Dulu, saking interestnya mereka menggunakan reremputan sejenis ilalang sebagai cincin. Namun, saat ini cincin pernikahan mereka tentu tidak lagi berupa rumput, melainkan berlian dari emas maupun perak.

Nah, jika kamu berminat cincin bergaya mesir ini, maka pilih cincin yang badannya memiliki ukiran berupa garis-garis monokrom atau relief benda tertentu seperti kucing dan pita.

2. Roma

alanandlavi.wordpress.com

Ternyata bangsa Romawi ini juga diyakini sebagai bangsa yang memperkenalkan budaya cincin pernikahan. Hal ini tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa bangsa ini dulunya adalah pusat peradaban dunia. Gaya cincin bang Romawi ini memiliki mata di bagian atas tengah yang dapat kamu pilih jika memang mengingkan sentuhan gaya romawi.

3. Turki

theone-mag.com

Turki juga merupakan pusat perabadan di abad pertengahan loh. Ada ciri khas dalam cincin negara Turki yaitu motifnya beradaptasi dari bentuk tanaman, garis kaligrafi dan garis lengkungnya. Jika kamu menyukai motif ini kamu dapat menerapkan ukiran sepertu bentuk cincin diatas untuk perhiasan pernikahanmu.

4. Rusia

notonthehighstreet.com

Kalau mau cincin pernikahan kamu bergaya Rusia, cukup tambahkan manik-manik berlian di badan cincin. Cukup 3 manik saja.

5. Perancis

boards.weddingbee.com

Perancis itu identik banget dengan fashion, maka tak heran jika tren busana disana juga banyak dipengaruhi oleh gaya yang dicptakan oleh masyarakat nya sendiri. Tidak hanya pakaian kok, cincin dari negara ini juga memiliki ciri khas yang unik. Kesan glamor yang diperlihatkan dalam setiap desain perhiasan perancir. Untuk tema cincin perancis kamu dapat memilih cincin dengan mata di bagian tengah yang dikelilingi banyak hiasan permatanya.

BACA JUGA : 9 Hal yang Harus Kamu Kuasai Saat Menjalani Pernikahan

6. Inggris

matrimonios.cl

Tidak hanya di Turki, sentuhan motif berbentuk daun-daunan kecil juga ada di cincin bergaya Inggris ini sehingga tampak anggun jika pasanganmu yang menggunakannya.

7. Spanyol

femmesdetunisie.com

Sebenarnya cincin yang bertumpuk itu tidak terlihat ramai. Malahan cincin yang seperti ini menambah kesan Spanyol di dalamnya. Bahkan semakin banyak tumpukan malah makin bagus dilihat. Bisa aja, satu cincin bermata, satu cincin polos, dan satu cincin berhias permata, tentu hal ini tidak kalah glamor dengan cincin khas Perancis.

8. Maroko

trumpetandhorn.com

Cincin bergaya Maroko ini sedikit unik yaitu ada garis-garis kaligrafi di lingkarannya. Bisa juga ditambahkan mata di bagian tengah agar terlilhat lebih elegan gitu.

9. Austria

dhgate.com

Di Austria itu terkenal akan kristal merk Swarovski-nya, harganya pun nggak main main sesuai dengan kualitasnya yang tinggi, terbaik pula jenisnya. Kekasih mana sih yang nggak suka jika mendapatkan hadiah berupa kristal Swarovski, apalagi kristal ini dalam bentuk cincin pernikahan, ih so sweet.

10. Italia

exclusiveitalyweddings.com

Jika kamu menyukai gaya gaya Itali, mungkin cincin gaya Vintage ini bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan sebagai perhiasan pernikahan. Contohnya, cincin lukis berwarna toska dan adanya sedikit motif bunga.

BACA JUGA : 8 Hal yang Akan Dirasakan Mempelai Wanita di Hari Pernikahan

11. Belanda

Pinterest.com

Cincin khas negara belanda ini hampir mirip dengan negara-negara eropa lainnya. Cincin ala Belanda dapat kamu buat dengan menambahkan ukiran berupa motif garis, bulatan ataupun tanaman di cincin itu.

12. Yunani

amberdreams.deviantart.com

Jika kamu menyukai peradaban kuno seperti bangsa Yunani di dalam pesta pernikahanmu, kamu dapat memilih cincin bergaya Yunani yang ukirannya menerapkan gaya tiga dimensi. Cincin kamu juga terlihat berlubang-lubang, tapi itulah kesan elegan yang terlihat dari lubang yang tak beraturan.

13. Ceko

aliexpress.com

Cincin bergaya Ceko ini bisa kamu dapatkan jika menambahkan sesuatu yang mengesankan kerajaan. Contohnya seperti ukuran yang tebal dengan berlian sebagai penghiasan dan mata cincin yang persegi.

14. Slowakia

pinterest.com

Tidak hanya cincin dari negara Ceko yang memiliki kesan kerajaan di Slowakia cincin pernikahannya pun bergaya kerajaan. Cincin dari negara ini memiliki mata yang berupa mutiara yang ditangkup oleh mahkota.

15. Jerman

alexisrosephotography.com

Cincin gaya Jerman cukup sederhana. Karena cincinnya yang lebar dan polos untuk mempelai pria. Sedangkan untuk mempelai wanitanya berbentuk mungil dengan hiasan kristal kecil yang merata di seluruh badan cincin dan di bagian matanya ada hiasan agak besar.

BACA JUGA : 35 Tempat Seru Bulan Madu Untuk Para Pengantin Baru

16. Amerika

pinterest.com

Cincin pernikahan ala Amerika ini ada unsur budaya suku Indian loh. Jika biasanya kamu melihat cincin pernikahan hanya berwarna emas dan perak, lain halnya dengan cincin ala Amerika tradisional ini.

Warna-warna cerah seperti biru atau merah dapat kamu pilih sebagai cincin pernikahanmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih bentuk yang menggabungkan dua cincin, jadi terlihat bertumpuk dia.

17. Mexico

etsy.com

Cincin pernikahan ala Mexico ini memiliki bentuk ukiran tiga dimensi. Tapi hal ini tak mutlak semua berlubang loh. Di bagian dasar cincin tetap berupa lingkaran penuh tanpa ukiran.

18. India

courtneypotterweddings.com

Cincin dari negara India ini memiliki kesan meriah. Karena selain kristal-kristal yang menghiasi warna-warnanya, selain itu bentuknya berukir loh. Ukiran yang menjadi primadona biasanya sih ukiran bentuk tanaman kalau kamu suka pilih deh.

19. Pakistan

pinterest.com

Kalau cincin pernikahan dari negara ini hampir sama dengan negara tetangganya India. Samanya dalam hal meriah, hiasan kristal yang menghiasi di seluruh badan cincin.

20. Korea

msleetobe.wordpress.com

Cincin pernikahan dari negara Korea ini memang tak pernah ketinggalan zaman sama sekali. Jenis cincin seperti ini sudah dijadikan sebagai cincin pernikahan loh, berarti kesan mewahnya dapat dong ya. Agar terlihat berbeda kamu dapat membuatnya dengan memberika mutiara di tengah kota sebagai mata cincin.

21. Jepang

thejewelryloupe.com

Cincin pernikahan dari Jepang ini adalah bukti bahwa tanaman itu tak pernah lekang oleh zaman. Karena di dalam cincin ala Jepang memiliki motif ukiran kayu yang berbentuk seperti deretan pakis yang sejajar.

22. Tiongkok

barkslider.wordpress.com

Kalau kamu ingin cincin pernikahannya bergaya Tiongkok cukup menorehkan tulisan hanyu pinyin, ‘kanji’-nya orang Mandarin.

23. Malaysia

scottattebery.com

Kalau cincin ala ala Malaysia ini dapat kamu peroleh dengan membuat bentuk yang sederhana tapi ingat harus ada lengkungan di bagian dalamnya. Kalau untuk si wanitanya kamu harus tambahkan hiasa permata di bagian luar ya.

24. Indonesia

dutajewellery.blogspot.com

Cincin yang memiliki mata ini identik dengan karakteristik orang Indonesia, terutama cincin wanitanya. Tapi, mata cincinnya tidak menjorok ke depan melainkan mengisi badan cincin.

25. Thailand

pinterest.com

Kalau dari negara Thailand sebenarnya cincin pernikahannya cukup sederhana. Yaitu dengan menambahkan mata cincin berupa kristal sudah cukup. Hehe.

26. Australia

pinterest,com

Jika di negara Eropa itu terkenal akan motif tanaman, lain pula di Australia. Di Australia cincin pernikahan yang paling populer adalah bermotif binatang yang membuat pernikahanmu memiliki kesan tradisional dari suku Aborigin yang ada di Australia.

27. Afrika Selatan

pinterest.com

Di Afrika Selatan cincin pernikahannya ini biasanya bermain dengan tekstur-tekstur, nah kamu bisa menerapkan tekstur di cincin pernikahanmu jika ingin memiliki gaya khas Afrika Selatan. Hehe.

28. Madagaskar

julianstephens.com

Pernah dengar kan batu akik? Ituloh yang sempat terkenal seantero nusantara, haha. Ternyata dengan menggunakan batu akik cincin pernikahan kamu akan bergaya Madagascar loh. Tak perlu risih ataupun aneh lah dengan menggunakan cincin berupa batu akik warna-warni.

29. Ethiopia

flickr.com

Kalau dari negara Erhiopia sendiri cincin pernikahannya memang sudah khas, berbentuk tidak melingkar sempurna dan tebal.

30. Saudi Arabia

arabic.alibaba.com

Negara ini terkenal dengan minyaknya, maka tidak heran jika cincin pernikahan ala Arab Saudi ini tidak biasa. Kesan mewah dan elegan sudah tampak dari ukiran-ukirannya yang indah.

31. Uni Emirat Arab

lialijewellery.com

Hampir sebagian orang di dunia mengatakan bahwa inilah Los Angeles-nya Timur Tengah, maka tak heran jika cincin pernikahannya pun memiliki bentuk yang tak biasa.

32. Suriah

shopify.com

Cincin pernikahan ala Suriah ini cukup unik, walaupun tekstur luarnya seperti kena pahat tapi tidak mengurangi keindahannya loh.

Leave a Comment