Catering Pernikahan Super Mantab Tapi Jarang Tersaji di Meja Hidangan

Dalam resepsi pernikahan tentu yang hadir akan lupa dengan kertas undangan yang kamu bagikan kepada mereka. Sebagus apapun kartu undangan yang kamu buat, pasti nih ya akan berakhir di tempat sampah. Tetapi, hal ini tentu nggak akan berlaku jika yang kamu berikan kepada orang yang memang kolektor undangan pernikahan. Haha.

Berbeda halnya dengan catering pernikahan. Saat kamu menghidangkan sejumlah makanan yang enak dan unik, tentu hal inilah menjadi penginggat bagi mereka.

Kamu bisa menjadikan hari pernikahanmu menjadi hari yang tak terlupakan dengan sajian makanan yang ringan tapi mengenyangkan juga. Butuh saran? Menu resepsi pernikahan berikut dapat kamu pertimbangkan loh. Baik menu dari restoran berkelas hingga makanan tradisional yang sederhana, semua nikmat kok. 🙂

BACA JUGA: PANDUAN PERNIKAHAN

1. Pizza Homemade

pillsbury.com

Pizza sekarang tidak hanya ada di restoran cepat saji. Kamu juga bisa membuat pizza sendiri di rumah. Ada banyak kok resepnya, cari aja di google. Tentu kamu dapat mencoba terlebih dahulu sebelum disajikan kepada para tamu undangan. Jika tak ingin repot, kamu juga dapat memesan jasa catering terdekat, tentu rasanya juga tak kalah enak dengan pizza di restoran kok.

2. Susu dan Kue Kering

history.com

Kue kering kayak chococips yang bisa dicelupkan ke dalam segelas susu vanila hangat. Hmm, yummy! Kalau ini bukan hanya nikmat yang di dapat tapi menyehatkan. Apalagi bagi para tamu yang tidak sempat makan sebelum menghadiri pesta pernikahanmu, segelas susu dan kue kering mempu mengganjal perut yang kosong.

3. Strawberry Shortcake

foodnetwork.com

Siapa yang tak tahu dengan kue satu ini. Kue bolu yang dihiasi buah strawbeey dan krim kocok. Hmm, lezat. Manis rasanya dan lembut dilidah. Jika lama menunggu kue pernikahanmu dipotong, maka tak salah jika menyajikan strawberry shortcake dalam ukuran mini. Kamu juga bisa mengemasnya dalam bentuk kecil loh, cup atau jar gitu.

4. Keripik Jagung dan Saus Guacamole

okezone.com

Bosan dengan keripik kentang atau keriping ketela, mungkin keripik jagung bisa jadi alternatif. Tak hanya itu loh, keripik ini dapat kamu padukan juga dengan saus. Eits, kalau mau lebih nendang baiknya gunakan saus guacamole yaitu saus cocol yang bahan utamanya alpukat.

Saus ini berasal dari Meksiko, guacamole. Di negara asalnya sana, guacamole dibuat dengan molcajete yang kalau di Indonesia itu mirip dengan cobek dan ulekan. Bahan dan alatnya ada di sekitar kita kan? Dan pastinya rasanya pun tak kalah enak dari keripik diluaran sana.

5. Crostini, Camila Ala Italia

delish.com

Crostini ini bentuknya luar negeri tapi rasanya beuh, nusantara banget. Crostini sendiri memiliki arti “roti panggang kecil”. Dinamakan begitu karena sajian nya memang berupa potongan roti yang berukurann 1-2 suap yang kadang kala polosan yang sedikit diperciki minyak zaitun atau bisa juga dikasi aneka topping.

Untuk toppingnya sendiri kamu dapat menambahkan irisan keju, cincangan tomat, potongan daging asap, ataupun kacang rebus. Intinya bisa beragam sih asal gurih aja toppingnya.

Roti yang digunakan adalah roti tawar. Sajiannya juga bisa disajikan apa adanya tanpa ada bahan tambahan apapun, atau bisa juga disajikan bersama sup krim. Oh iya, jangan lupa sediakan tissur karena crostini ini disantap secara langsung dengan tanpa sendok dan garpu.

6. Donat

mapledonuts.com

Memang sangat lumrah, siapa tak kenal dengan donat, kamu suka juga kan? Agar terkesan mewah, kamu dapat menyajikan donat dalam berbagai jenis dan topping. Juga, kamu dapat sajikan dalam bentuk unik lainnya. Kamu bisa mendekornya seperti kue tart yang tingga atau bertumpuk dalam tusukan gitu.

7. Roti Bakar Mini dan Sup Tomat

recipezine.net

Roti bakar pasti sering kamu jumpai kan? Pasti itu mah, di gerobak-gerobak pedagang kaki lima yang berjejar di pinggir jalan. Baik itu yang rasa kejum cokelat, hingga kacang semua ada. Tapi, kamu belum pernah menemui roti panggang yang disajikan bersama sup tomat kan? Menu ini juga cocok loh jika dijadikan sajian saat pesta pernikahanmu.

BACA JUGA: MENIKAH DENGAN WANITA LEBIH TUA

8. Kentang Tumbuk

elpolygourmet.com

Kini masyarakat berlomba-lomba menggunakan bahan dari alam bumi pertiwi loh, hal ini dalam rangka untuk memajukan industri pertanian di tanah air. Selain mudah diolah menjadi sayur, kentang, dan juga bisa dijadikan sebagai campuran kue.

Nah, kamu dapat mencoba kentang tumbuh, hehe. Tenang kamu jangan salah sangka dulu ya. Olahan kentang satu ini bukan berarti hanya adonan kentang halus. Tapi, kentang tumbuk berarti campuran kentang, mentega, susu cair, garam, bubuk merica, dan keju cheddar parut. Akan terasa nikmat jika kentang tumbuk ini disajikan dengan steak atau makanan lainnya.

9. Potongan Ikan Goreng

Memang sedikit jasa catering yang menyediakan menu ikan. Kebanyakan, daging ayam atau sapi yang paling populer. Walaupun begitu, bukan berarti ikan goreng tidak cocok disajikan ya saat pesta pernikahan. Rasanya yang tidak kalah enak dengan daging-daging yang lain.

10. Jajan Pasar

jajananpasarnusantara.blogspot.co.id

Jajanan pasar ini adalah makanan ringan yang paling cocok dilidah orang Indonesia. Baik itu dari kue basah, kue kering, hingga olahan yang digoreng ada semua. Contohnya sebuh saja kue lapir, wingko, lemper, kue onde-onde, lumpia, hingga bakso tahu goreng.

11. Tumpeng Mini

tokopedia.net

Tumpeng merupakan salah satu makanan tradisional yang memiliki banyak sekali filosofi dibalik kenikmatannya. Tumpeng adalah akronim dalam bahasa Jawa, yakni “yen metu kudu sing mempeng” (jika keluar harus sungguh-sungguh).

Nah, biasanya nasi tumpeng dalam penyajiannya dilengkapi dengan lauk-pauk yang berjumlah 7 macam, angka 7 dalam bahasa Jawa berarti pitu. Angka pitu ini memiliki arti pitulungan (pertolongan).

Secara umum tumpeng bisa memiliki makna bahwa kita harus bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan (keluar rumah identik dengan pekerjaan), dan saat kamu telah bersungguh-sungguh percayalah bahwa pertolongan Allah menyertai kita.

Dalamkan filosofi makanan tradisional ini, tentu hal ini tidak membuatmu ragu untuk menyajikannya ke hadapan para tamu undangan kan? Agar tiap orang dapat merasakan kenikmatan makanan ini kamu dapat menyediakannya dalam ukuran yang sama. Tak harus besar, kamu juga dapat membuatnya dengan ukuran mini. Hal ini tentu akan membuat kesan tersendiri dalam pesta pernikahanmu.

12. Apel dan Kayu Manis

atasteofkoko.com

Pernahkah terpikirakn bahwa apel disajikan dengan cara yang berbeda? Kamu pasti sering minum jus apel, tapi jarang-jarang makan apel dengan kayu manis kan? Apalagi jika disajikan dengan cara yang cukup unik. Pastinya para tamu yang datang ingin segera mencicipinya. Alih-alih untuk memotong, kamu dapat jadikan apel sebagai gelas dan isi dengan air gula lalu masukkan kayu manis di dalamnya.

13. Sushi

papasemar.com

Sajian satu ini berasal dari Jepang. Kamu juga dapat menjadikan sushi sebagai sajian pesta pernikaha. Rasanya pun bisa kamu sesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Selain penyajiannya yang manis, sushi juga akan membuat pengalaman makan yang menyenangkan bagi para tamu undangan.

14. Sate Buah dan Yoghurt

ziarozami.blogspot.co.id

Sate daging itu sudah biasa, apalagi sate ayam. Kamu dapat membuat kreasi sate dari buah, tentu bahannya juga buah ya. Tenang, aja kan di Indonesia banyak sekali buah segar. Baik itu dari semangka, nanas, pisang, mangga, nangga, hinga strawberry.

Jika biasanya buah disajikan dengan rujak, untuk sajian pesta seperti pernikahan kamu dapat berkreasi dengan yoghurt. Rasa segar dan asam manis akan membuat kesan tersendiri bagi para tamu.

BACA JUGA: SEJATINYA PERNIKAHAN ADALAH PESTANYA ORANGTUA

Leave a Comment